Pemasaran Email yang Efektif

Pemasaran Email yang Efektif

Pemasaran email dengan cepat menjadi salah satu bentuk periklanan online paling populer. Ini karena ada banyak keuntungan berbeda dari konsep pemasaran email. Namun, pemasaran email juga memiliki beberapa kekurangan.

Pada artikel ini, kita akan membahas kelebihan dan kekurangan pemasaran email dan juga memberikan beberapa ide tentang bagaimana merencanakan dan menerapkan kampanye pemasaran email yang efektif.

Pemasaran email tentu memiliki sejumlah keunggulan unik dibandingkan jenis pemasaran lainnya, baik online maupun offline. Mungkin salah satu keuntungan terpenting dari pemasaran email adalah kemampuan untuk menjangkau audiens global dengan sedikit usaha.

Memang mungkin untuk menjangkau khalayak global dengan jenis periklanan lain, tetapi jenis periklanan tradisional seperti televisi, radio dan media cetak hampir tidak efektif untuk menjangkau pelanggan potensial di seluruh dunia dalam sekali jalan.

Keuntungan utama lain dari pemasaran email adalah sangat terjangkau. Ini penting karena ada banyak jenis pemasaran lain, termasuk pemasaran internet, dan harganya jauh lebih mahal daripada pemasaran email. Biaya yang terkait dengan pemasaran email minimal.

Idealnya, Anda sudah memiliki daftar penerima email yang tertarik dengan produk dan layanan Anda, jadi tidak ada biaya yang terkait dengan memiliki daftar alamat email. Selain itu, biaya pengiriman email minimal dan dapat dianggap sebagian kecil dari biaya operasional normal Anda. Semua faktor ini membuat pemasaran email sangat hemat biaya.

Namun, ada beberapa biaya yang terlibat dalam pemasaran email. Terutama, ini adalah biaya yang terkait dengan penulisan iklan dan pembuatan grafik apa pun yang menyertai iklan email. Ini akan membutuhkan mempekerjakan seorang penulis untuk menulis salinan untuk iklan dan seorang desainer untuk membuat dan menjalankan grafik.

Biaya layanan ini akan sangat bervariasi tetapi secara umum Anda akan membayar lebih untuk penulis dan desainer dengan pengalaman lebih. Hal ini karena para penulis dan desainer ini diharapkan mampu menghasilkan kualitas karya yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang bisa dihasilkan oleh mereka yang kurang berpengalaman.

Kelemahan paling jelas dari pemasaran email adalah bahwa pemasaran email dapat dipandang sebagai spam. Ini adalah masalah yang sangat penting karena bisa sangat mahal dalam hal margin keuntungan untuk bisnis Anda. Setiap hari pengguna internet dibombardir dengan email yang tidak diinginkan yang bertindak sebagai iklan.

Masalah ini telah mencapai proporsi epik dan banyaknya spam yang menyusup ke kotak masuk email pengguna internet yang tidak bersalah harus berhati-hati dan curiga terhadap email apa pun yang mereka terima yang merupakan spam yang muncul untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu.

Pesan email yang berisi baris subjek atau konten yang tampak mirip dengan spam dapat dipindahkan secara otomatis ke folder Spam oleh sistem email. Email yang tidak terhapus secara otomatis tanpa dibuka dapat dihapus hanya karena penerima tidak mengenali pengirim email tersebut.

Kedua masalah ini pada dasarnya dapat membuang waktu bagi pemilik bisnis karena penerima bahkan tidak melihat email yang mengiklankan produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan. Selain itu, dapat menimbulkan keluhan terhadap perusahaan karena menjadi penyandang dana SPAM.

Sekarang setelah Anda memahami kelebihan dan kekurangan pemasaran email, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda dapat memaksimalkan keuntungan menggunakan pemasaran email untuk keuntungan Anda.

Faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah daftar distribusi email Anda. Ini harus terdiri dari pelanggan sebelumnya yang telah menyatakan keinginan untuk menerima email yang berisi informasi dan iklan serta pelanggan potensial yang juga telah menyatakan minatnya terhadap informasi lebih lanjut.

Isi email juga harus dipertimbangkan dengan cermat. Mereka pasti harus menyoroti produk dan layanan yang Anda tawarkan tetapi mereka harus melakukannya tanpa terlihat seperti rencana penjualan yang sulit.

Seorang penulis yang berpengalaman dalam menulis jenis salinan ini harus dapat membantu Anda memberikan salinan yang berwawasan dan akurat yang juga menarik pembaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk dan layanan Anda.

Terakhir, email harus memberikan ajakan bertindak kepada pembaca. Ini harus menjadi pernyataan yang mendorong pembaca untuk mengambil tindakan tertentu seperti membeli atau meneliti suatu produk.
Lebih baru Lebih lama